Sunday 25 May 2014

pengetahuan tentang firewall beserta fungsinya (ilmu jaringan)

bwt temen" yang belum tau apa itu firewall bisa membaca postingan ini,walaupun tidak lengkap,namun setidaknya bisaa menambah pengetahuan  temen" sekalian..



 firewall
Firewall adalah suatu sistem proteksi untuk melaksanakan pengawasan lalu lintas paket data menuju atau meninggalkan sebuah jaringan computer sehingga paket data yang telah diperiksa dapat diterima, ditolak atau bahkan dimodifikasi terlebih dahulu sebelum memasuki atau meninggalkan jaringan tersebut. Firewall memprotieksi suatu jaringan komputer dari hal-hal yang membahayakannya.

Fungsi Firewall
  • mengatur dan mengcontrol lalu lintas jaringan
  • Melakukan autentikasi
  • Melindungi sumber daya dalam jaringan privat
  • Melindungi jaringan komputer dari virus-virus yang ada di Internet
  • Mencatat semua kejadian, dan melaporkan kepada administrator



Penempata firewall sebelum server akan sangat berbahaya apabila seorang hacker telah memperoleh akses ke server maka internal LAN dapat diserangnya dengan mudah. Jika e-mail server dibelakang firewall maka LAN harus menusuk hole di firewall untuk membiarkan e-mail masuk penyerangan melalui e-mail akan menyebabkan jaringan menjadi kebobolan apabila e-mail server diletakan didepan firewall, anda dapat meng-set e-mail server dan menerima/ mengirim e-mail.



Beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam menyusun konfigurasi firewall adalah :
  1. Melakukan pembatasan jumlah orang yang dapat mengakses shell firewall. Jika terdapat satu atau dua user account, maka penyusup akan sangat sulit menemukan salah satu dari mereka;
  2. Memperhatikan keamanan hardware firewall, misalnya meletakan hardware firewall di tempat yang aman. dimana tidak semua orang bisa mengaksesnya.

Jenis firewall yang dapat digunakan adalah Microsoft Internet Security and Acceleration Server (ISA Server), Cisco PIX, Cisco ASA, IPTable dalam sistem operasi GNU/Linux, pƒ dalam keluarga sistem operasi Unix BSD, serta SunScreen dari Sun Microsistems, Inc, yang didalam sistem operasi Solaris. Jika ISP sudah menyediakan virtual firewall seperti Cisco PIX 535, maka perusahaan dapat menghemat biaya penggunaan firewall.


sekian dulu ya kawan"..makassih dah berkunjung..

 






0 comments:

Post a Comment

Total Visitor

Powered by Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Followers

Search This Blog